Cara Menghilangkan Melasma di Wajah secara Alami

Apa Anda pernah melihat seseorang dengan kondisi kulit wajahnya berwarna abu-abu karena flek hitam?

Penyebab kondisi kulit seperti ini adalah Melasma. Kebanyakan melasma terjadi di daerah dahi, pipi, atau di area antara hidung dan mulut. Melasma juga bisa terjadi di area tubuh lain terutama area tubuh yang paling banyak terpapar sinar matahari seperti di bahu dan di lengan.

Image result for melasma
Penyakit Kulit Melasma

Penyakit kulit melasma lebih sering terjadi pada wanita dibanding pria, meskipun pria juga bisa mengalaminya. Berdasarkan data dari Akademi Dermatologi Amerika, 90% pasien tersering yang mengalami penyakit kulit ini adalah wanita.

Penyebab Melasma

Penyebab pasti yang memicu melasma belum diketahui. Namun, kemungkinan kondisi ini terkait dengan melanosit (sel yang memberikan warna pada kulit) yang memproduksi terlalu banyak warna.

Pada orang-orang berkulit gelap, sel melanosit lebih aktif dibandingkan mereka yang berkulit terang. Hal ini menyebabkan mereka yang berkulit gelap lebih rentan terkena melasma. Melasma juga memiliki kecenderungan genetik. Hal ini tidak berarti bahwa melasma akan serta merta diturunkan dari orang tua kepada anaknya. Namun, mereka dengan riwayat keluarga memiliki melasma akan lebih rentan pula terkena melasma.

Terdapat beberapa faktor yang diketahui dapat menjadi pemicu melasma, yaitu:

  • Paparan sinar matahari. Sinar ultraviolet (UV) pada sinar matahari diketahui dapat menstimulasi melanosit. Paparan sinar matahari dapat memperburuk keadaan melasma, atau membuat melasma yang sudah hilang menjadi muncul atau kambuh kembali.
  • Perubahan hormonal. Misalnya saat kehamilan, penggunaan kontrasepsi hormonal, hormone replacement therapy, dan sebagainya. Hal ini menyebabkan wanita lebih rentan terkena melasma. Choasma adalah istilah untuk menggambarkan melasma saat kehamilan.
  • Produk perawatan kulit. Produk-produk yang mengiritasi kulit dapat memperburuk keadaan melasma seseorang.

Faktor Risiko seseorang terkena melasma selain orang yang berkulit gelap, Sensitivitas estrogen dan progesteron juga dikaitkan dengan kondisi ini. Berarti, pil KB, kehamilan, dan terapi hormon dapat memicu melasma. Stres dan penyakit tiroid juga telah dikemukakan sebagai faktor risiko melasma.

Tanda dan Gejala Melasma

Jika ketika melihat adanya bercak gelap pada kulit wajah, maka besar kemungkinan bahwa itu adalah melasma. Namun, ada juga kondisi kulit lainnya yang menyerupai. Oleh sebab itu kita perlu tahu ciri khas dari kelainan kulit yang satu ini.

Berikut adalah ciri-ciri dan gejala melasma pada kulit wajah :

  • Bercak gelap di wajah. Umumnya terdapat pada wajah, namun area tubuh lainnya yang sering terpapar matahari juga bisa mengalami melasma.
  • Diskolorasi atau perubahan warna. Bercak pada kulit yang mengalami perubahan warna. Bercak yang muncul berwarna lebih gelap daripada warna kulit aslinya.
  • Simetris. Melasma kebanyakan terjadi pada wajah dan bersifat simetris alias ada di kanan dan kiri.
  • Lokasi tertentu di wajah (predileksi). Bercak berwarna kecoklatan ini biasanya terjadi pipi, dahi, hidung, dan dagu. Bisa terjadi pada leher dan lengan yang sering terpapar sinar matahari.
  • Tidak sakit ataupun nyeri. Perubahan warna kulit ini tidak menimbulkan rasa nyeri atau tak nyaman secara fisik, namun pasien cenderung merasa tidak percaya diri saat mengalami keluhan ini.

Jika anda mengalami gejala melasma seperti di atas, maka sebaiknya bisa berkonsultasi ke dokter, terutama dokter spesialis kulit.

Pengobatan untuk Menghilangkan Melasma

Sebagian besar orang memilih menggunakan produk kosmetik untuk menghilangkan melasma. Namun produk berbahan kimia mempunyai efek samping yang keras terhadap kulit.

Oleh karena itu, ada baiknya jika pengobatan melasma dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Selain tidak mempunyai efek samping, perawatan melasma dengan bahan alami jauh lebih murah dibandingkan membeli produk berbahan kimia.

Cara Menghilangkan Melasma di Wajah dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami. Berikut merupakan beberapa bahan alami yang dapat membantu untuk menghilangkan melasma di wajah , diantaranya :

♦ Kunyit

Related image

Kunyit dikenal sebagai obat alami yang dapat mengatasi masalah pigmentasi pada kulit, seperti melasma. Di dalam kunyit terkandung bahan aktif berupa kurkumin yang berperan sebagai zat antioksidan. Kurkumin dapat membantu mengurangi pigmentasi melanin, mengobati jerawat, dan mengeluarkan racun-racun dari dalam kulit.

Cara pemakaiannya:

  • Campurkan 5 sdm kunyit dengan 10 sdm susu
  • Aduk hingga ramuan menjadi pasta
  • Oleskan pasta ini pada kulit yang menderita melasma
  • Diamkan hingga mengering
  • Selanjutnya, bilas kulit dengan air hangat sambil dipijat lembut
  • Lakukan perawatan ini setiap hari untuk memperoleh hasil yang optimal

♦ Jus lemon

Related imageLemon adalah salah satu agen pemutih alami yang telah dikenal sejak dulu. Campuran jus lemon dan air hangat dapat membantu menurunkan berat badan, mengobati melasma, dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Cara pemakaiannya:

  • Siapkan 1 buah lemon
  • Haluskan lemon dengan blender dengan tambahan air putih
  • Oleskan pada daerah kulit yang mengalami melasma
  • Pijat dengan lembut selama 2 menit
  • Diamkan selama 20 menit
  • Bilas wajah dengan air hangat hingga bersih
  • Lakukan perawatan ini 2 kali dalam sehari selama 3 minggu untuk memperolah hasil yang optimal

♦ Cuka sari apel

Related imageCuka sari apel adalah pengobatan yang sangat populer untuk berbagai macam masalah kulit dan rambut, termasuk melasma. Cuka sari apel mengandung asam asetat yang berperan sebagai agen pemutih alami yang dapat menghilangkan bintik-bintik coklat pada kulit, serta membuat kulit lebih bercahaya. Cuka sari apel juga membantu pengeluaran racun dari dalam kulit.

Cara pemakaiannya:

  • Campurkan 1 sdm cuka sari apel dan 1 sdm air putih
  • Oleskan pada kulit yang mengalami melasma
  • Diamkan selama 5 menit
  • Bilas wajah dengan air hangat hingga bersih
  • Lakukan perawatan 1 kali dalam sehari untuk memperoleh hasil yang memuaskan

♦ Pepaya

Image result for pepaya untuk wajahPepaya adalah buah yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Pepaya sering digunakan sebagai perawatan alami untuk masker wajah. Ternyata, buah papaya juga dapat dijadikan obat alami untuk menghilangkan melasma. Di dalam papaya terkandung enzim papain yang membantu mengangkat sel-sel kulit matu dan memulihkan kulit.

Cara pemakaiannya:

  • Potong pepaya secukupnya dan haluskan dengan blender
  • Tambahkan 2 sdt madu ke dalam jus pepaya
  • Oleskan pada wajah yang mengalami melasma sambil dipijat-pijat
  • Diamkan selama 20 menit
  • Bilas wajah dengan air hangat hingga bersih
  • Lakukan perawatan ini 1 kali dalam seminggu selama 3 bulan berturut-turut untuk memperolah hasil yang optimal

Itulah diantara bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan melasma di wajah. Apabila anda alergi terhadap salah satu bahan diatas, maka sebaiknya pemakaian dihentikan. Namun meskipun begitu anda tidak perlu terlalu khawatir, karena bahan-bahan alami cenderung tidak mempunyai efek samping.

TIPS LAIN

(PENGOBATAN SECARA ALAMI YANG LEBIH EFEKTIF)

Cara Menghilangkan Melasma di Wajah secara Alami dengan Produk Herbal Bahan alami SpirulinaSpirulina merupakan tanaman yang termasuk salah satu spesies cyanobacteria atau ganggang berpigmen hijau kebiruan yang bisa dikonsumsi hewan maupun manusia.

Meskipun demikian, spirulina memiliki beberapa spesies yang bisa berpotensi beracun. Ini bisa disebabkan karena spirulina tersebut bisa memproduksi racunnya sendiri atau telah terkontaminasi zat beracun. Oleh karena itu kita tidak boleh sembarang mengkonsumsi spirulina tanpa mengetahui kejelasannya. Namun tenang saja, ada spesies yang benar benar berkhasiat dan tumbuh dalam pengawasan yang ketat sehingga bisa terbebas dari kontaminasi racun. Jenis spirulina tersebut adalah Spirulina Platensis yang merupakan komposisi utama dari Walatra Spirulina G Plantesis Kapsul.

SELENGKAPNYA ….

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*